0
Sudah gosok gigikah hari ini?by Admin SD 03on.Sudah gosok gigikah hari ini?Assalamu’alaikum sahabat Al-Irsyad yang santun.   Kegiatan menggosok gigi bersama ini diikuti oleh siswa-siswa kelas I dan II. Dalam kegiatan ini mereka diajak belajar cara menyikat gigi yang benar sekaligus belajar mengantri juga lho… Wah..seru banget kan…? Gosok gigi bersama ini dilaksanakan pada hari sabtu (11/11). Setelah bergerak dan berkeringat melakukan senam sabtu ceria, siswa […]

Assalamu’alaikum sahabat Al-Irsyad yang santun.

 

Kegiatan menggosok gigi bersama ini diikuti oleh siswa-siswa kelas I dan II. Dalam kegiatan ini mereka diajak belajar cara menyikat gigi yang benar sekaligus belajar mengantri juga lho… Wah..seru banget kan…?

Gosok gigi bersama ini dilaksanakan pada hari sabtu (11/11). Setelah bergerak dan berkeringat melakukan senam sabtu ceria, siswa kelas I dan II langsung berbaris dan mengantri di koridor sekolah sambil membawa peralatan yang dibawa masing-masing dari rumah, ada sikat gigi dan gelas untuk kumur-kumur yang bentuknya lucu-lucu.

Setelah siap semua, ustadzah Wahyu selaku wali kelas I dan dibantu ustadzah Santi selaku pembina UKS memberi instruksi tahap demi tahap yang akan dilalui dalam kegiatan ini. Merekapun antusias dan memperhatikan dengan seksama apa yang diperintahkan dan didemonstrasikan oleh ustadzah. Diawali dengan kumur-kumur terlebih dahulu kemudian memberi pasta gigi, dan cara menggosok gigi. Karena masih usia SD jadi pasta giginya sedikit saja ya dan harus hati-hati saat menggosok giginya supaya tidak sampai tertelan. Cara menggosok giginya harus dapat membersikah semua permukaan gigi dan gusi.

Ada beberapa macam gerakan menggosok gigi yang diajarkan di sini. Yang pertama gerakan vertikal atau arah gerakan menggosok gigi ke atas ke bawah dalam keadaan rahang atas dan bawah tertutup. Yang kedua gerakan horizontal atau arah gerakan menggosok gigi ke depan ke belakang dari permukaaan buka dan lingual. Dan yang ketiga adalah gerkan roll teknik atau gerakan perlahan melalui permukaan gigi sehingga bagian belakang kepala sikat bergerak dalam lengkungan. Semua gerekan tersebut harus dilakukan secara hati—hati ya supaya tidak melukai gusi kita.

Author: 

Related Posts

 

Leave a Reply